Minggu, 6 Mei 2012
Langkah-langkah Penggunaan Media pada Maharah Kitabah
الحديقة
Langkah-langkah penggunaan media dalam pembelajaran dengan tema الحديقة
A.
Langkah Pertama
No
|
Langkah
Pertama
|
Media
|
1
|
Menyiapkan media
|
|
2
|
Membawa media ke dalam kelas
|
|
3
|
Letakkan media di atas meja
|
|
B.
Langkah Kedua
No
|
Langkah
Kedua
|
Media
|
1
|
Memperkenalkan dan menunjukkan mufradat yang ada
|
|
زَهْرَةٌ
|
||
شَجَرَةٌ
|
||
فَرَاشٌ
|
||
أَرْنَبٌ
|
||
عُشْبٌ
|
| سُوْرٌ |
C.
Langkah Ketiga
1.
Tahap Pembelajaran:
a.
Maharah Istima’
§ Guru masuk kelas dan menyapa murid-murid
§ Guru membuka pelajaran
§ Guru memperkenalkan dan menunjukkan mufrodat
tentang الحديقة
§ Guru melafalkan mufrodat dengan kartu mufrodat
§ Siswa menirukan mufrodat yang telah dilafalkan
oleh guru
§ Guru mendeskripsikan sesuai dengan tema media
yang ada
§ Siswa menyimak dengan seksama
§
Guru memberi kesempatan siswa untuk
memahaminya sejenak.
§
Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas.
§
Guru melaksanakan penilaian lisan
§
Guru melakukan pengayaan dan
mereview kembali pelajaran yang telah disampaikan
§
Guru memberi apresiasi dan
motivasi
b.
Maharah Kalam
§ Guru masuk kelas dan menyapa siswa
§ Guru memulai pelajaran
§ Guru memberikan mufrodat dengan menggunakan kartu
bergambar tentang benda-benda yang ada dalam tema yaitu الحديقة.
§ Dengan menggunakan kartu, guru juga memberikan contoh
kalimat sederhana sesuai dengan gambar yang ada pada kartu, dan begitu
seterusnya.
§ Jika siswa sudah memahami mufrodat dan penggunaannya
dalam kalimat, guru meminta siswa untuk mendeskripsikan miniatur taman dengan
bahasa mereka sendiri sebagai tes pemahaman dan pengembangan keterampilan
berbicara siswa tentang materi pembelajaran.
c.
Maharah Qiro’ah
a. Guru menyediakan media didepan kelas" الحديقة " pada siswa, dengan
menunjukkan media yang dimaksud.
b. Guru menyuruh siswa menirukan kosakata dengan cara guru menunjukkan media tersebut
c.
Guru mengenalkan media berupa miniature " الحديقة
" kepada siswa.
d.
Guru memberikan mufrodat/kosakata tentang media.
e.
Guru membaca teks yang sesuai dengan media.
f.
Guru menyuruh siswa membaca teks (sesuai dengan media) di depan kelas.
g.
Guru memberikan contoh soal sesuai dengan teks (sesuai media) pada siswa
secara lisan ataupun tulisan.
h.
Guru menyuruh siswa menjawab soal-soal yang diberikan.
i.
Guru mengadakan evaluasi pada pekerjaan siswa, dengan melihat media.
d.
Maharah Kitabah
a.
Guru masuk kelas dan menyapa siswa
b.
Guru membuka pelajaran
c.
Guru menunjukkan miniatur الحديقة dan kartu mufradat
d.
Guru melafalkan mufradat dengan kartu mufradat diulang maksimal tiga kali.
e.
Siswa menirukan mufradat yang telah dilafalkan oleh guru.
f.
Guru menjelaskan cara menyambung huruf hijaiyah hingga menjadi sebuah
kata/mufradat dan siswa menyimak.
g.
Guru menuliskan contoh satu kata yang telah dirangkai.
h. Guru memberikan latihan dengan menyuruh siswa maju ke depan kelas untuk
mengisi teka-teki silang yang sederhana dengan materi mufradat yang telah
disebutkan.
i. Guru melafalkan mufradat lalu siswa mengisi kolom-kolom yang telah
disediakan sesuai dengan nomor urut.
j. Guru menyuruh siswa merangkai huruf-huruf hijaiyah yang merupakan jawaban
dari teka-teki silang di atas menjadi sebuah mufradat yang benar.
Contoh teka-teki silang:
Jawaban:
1. سور 4. عشب
2. فراش 5. أرنب
3. شجرة 6. زهرة
D.
Penutup
1-
Ambil semua
perlengkapan/acsesoris
2-
Angkat dan rapikan media.
3-
Simpan media di lemari atau
tempat yang telah disediakan.
0 komentar:
Posting Komentar